Home > Uncategorized > Ada apa sih Di SULSEL? (part 1)

Ada apa sih Di SULSEL? (part 1)

Oke, tanpa banyak cincong, aku ingin posting saja gambar-gambar, tentu saja gambar yang berhubungan Sulsel bukan gambar X, dan anggaplah foto-foto yang ada ini ada Esai Foto, yang bercerita tentang SULSEL, baiklah Sare’battangku yang ngaseng, ini dia…

Om saya keren.jpg

Kemenakan yang juga gemar pakaian adat, katanya ia ingin seperti seorang Putri, “Om keren khan?” begitu katanya.

ballalompoa.jpg

Didepan Museum ini adalah tempat bermain bola sejak aku masih kanak-kanak, namun kini sudah tidak ada lagi lapangannya, biasalah bolanya nyangkut.

DSC00139.JPG DSC00168.JPG

Gambar di atas adalah mesjid raya dan di bawahnya menara mesjid Al Markas. Gambar ini dari stok foto lama, mungkin saja saat ini al Markaz banyak perubahan.

DSC00171.JPG

Jangan kaget, itu bukan raksasa, tapi hanya tangan iseng yang mencoba menggenggam Gedung Graha Pena.

DSC00335.jpg

Gerbang Tanjung Metro, lewat jalan itu kita bisa menuju ke tempat permainan yang mengasyikkan, namanya Transnya Pace, ops…salah, bukan itu tapi trans studio, penampakkannya seperti gambar di bawah ini :

DSC04227.JPG

Inilah suasana di dalam trans studio, tampak seorang lelaki yang di kawal oleh 2 ajudannya. hehehe…

DSC00401.JPG

Oke, kita beralih suasana di Pantai Losari. Beginilah suasanannya saat sedang ada acara-acara fun. mengasyikan, tapi lumayan panas.

DSC00405.JPG

Tapi, di pantai losari juga ada anak-anak kecil yang masih suka berenang. seperti gambar di bawah ini,

DSC00402.JPG

*******************************

DSC00760.JPG

Monumen Mandala yang eksotik itu ternyata juga sering dipergunakan tempat Demo atau kadang ada yang menyebutnya menyalurkan aspirasi, tapi apapun itu menyalurkan air pam adalah hal yang sangat perlu.

DSC00833.JPG

Atau Gedung DPR juga sudah pasti menjadi tempat yang paling bagus berdemo, termasuk mungkin demo masak ya…

Menurut Ane, ini bukan seni khan?, tapi ini hanya sebuah hal yang kurang kerjaan, andaikan anak-anak itu bisa lebih kreatif padahal sepertinya mereka punya bakat, bangunan ini tidak jauh dari Lapangan Karebosi, Jadi berhati-hatilah membeli rumah di Makassar lalu tidak ditempati alias dibuatnya kosong, bisa saja akan menjadi bulan-bulanan coret mencoret. berangkali anak-anak itu kekurangan kanvas untuk melukis. πŸ˜€

DSC00913.JPG

Dan maaf, ini bukan mengada-ngada tapi sebuah kenyataan kalau di Makassar juga ada bangunan yang kontras dengan bangunan yang berada di dekatnya,

Di Makassar juga terdapat etnis Tionghoa yang sudah berbaur dengan warga setempat, bahkan pada zaman dahulu ada warga Tionghoa juga berpartisipasi dalam meraih kemerdekaan. Klenteng pada gambar di atas terletak di Jalan Sulawesi Makassar, dan acara-acara imlek ikut mewarnai kota Makassar.

Bahkan ada sepupu jauhnya Andy Lau yang sempat foto-foto narsis di Pantai Losari, berarti orang-orang luar sudah mengenal pantai Losari.

***********************

Kita kembali ke Gowa, di bawah ini makam Kuno yang masih ada, mudah-mudahan tidak kena Revitalisasi juga menjadi Perumahan kelas Elit.

Makam Kuno yang berdekatan dengan Makam Syeh Yusuf atau bergelar Tuanta Salamaka’, sosok yang percaya sakral bagi penduduk setempat hingga ada sebagian warga yang memajang gambarnya yang berbentuk lukisan yang dipercayainya bisa memberi kekuatan.

***************************************************

Gambar di atas : Toraja yang eksotik, kaya akan budaya, corak dan warna yang sangat dikenal baik, bahkan pernah ada turis yang menganggap Sulsel itu Toraja, namun setelah dijelaskan bahwa Toraja itu bagian dari Sulsel baru mengerti, Toraja sudah dikenal dunia, tempat kunjungan wisata yang tidak kalah menarik dengan Bali ataupun NTT ataupun pulau-pulau lainnya yang ada di Nusantara ini.Β  Dan selain itu, ukiran-ukiran yang bermakna juga banyak di Toraja, seperti gambar di bawah ini :

Selain ukiran, pakaian adat Toraja juga sangat menarik, seperti gambar di bawah ini, terlihat perpaduan antara adat Toraja dan Modern.

Untuk lebih dekatnya, bisa anda lihat bagaimana pakaian adat Toraja yang dikenakan oleh perempuan, terkecuali yang baju hitam di bawah ini, itu bukan pakaian Toraja, tapi mafia yang numpang narsis. hehehe

Baiklah, itu tadi adalah pakaian adat yang ada di Toraja Sulsel, bagaimana dengan Makanan di Makassar?, salah satu favorit dan ciri khas yang sudah terkenal adalah pisang epe’, seperti gambar di bawah ini :

πŸ˜€

Luar biasa, semua menyukainya, bahkan ada yang menjadikannya oleh-oleh yang asik. πŸ˜€

dan salah satu kegiatan dari komunitas anggingmammiri.org, terlihat seperti gambar di bawah ini :

Dan sebagai Ketua dari AnggingMammiri.org, ada di bawah ini

Terimakasih ya,Β  sudah mau lihat-lihat dan mampir,Β  tunggu ya postingan berikutnya tentang Sulsel, oke…SALAM DAMAI DAN BAHAGIA SELALU MENYERTAI, AMIN

Advertisements
  1. December 24, 2010 at 7:39 am

    hahahaha itu yg gambar pisang ngepe kenapa ada rara? eh ada juga si keriting daeng emmang laja penjual pisang nya yah???

  2. January 12, 2011 at 5:14 am

    wah baru mau bilang itu.. pisang eppe + rara jangan2 penjualnya tuh buktinya lagi nelpon sepertinya delivery order en minta cepet..

  3. January 17, 2011 at 5:03 am

    herman laja dan Rara yang jualan pisang epe’ yah? πŸ˜€

    • Maria UlFah mirai
      March 21, 2011 at 3:24 pm

      atractiF,, so nice….
      HMM.. BANgga punya kreator, budayawan, seniman kek kta… q tggu tulisan n gambar yang uniknya….

      • bangoprek
        March 25, 2011 at 10:09 am

        terimakasih, sukses untukmu, amin, salam damai dan bahagia selalu menyertai, amin

  4. December 19, 2011 at 4:45 am

    seru bacanya πŸ™‚
    dari dulu pengen banget ke pantai Losari….. *pasang tampang ngiler*

    • Daeng Oprek
      December 21, 2011 at 3:17 pm

      Ayo Hana, mari ke Makassar, seru lho, hubungi aja, ada kok jasa guide versi gratis, hehe…, smoga bisa nanti ke sana. amin

  1. January 12, 2011 at 4:56 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: