Home > Uncategorized > Kreasi Vektor

Kreasi Vektor

Hai frenz, sudah tahu khan vektor itu bagaimana?, juga bitmap?, yg jelas vektor bukanlah piktor, ops…ngasal, hehehe. Oke kali ini aku posting tentang membuat gambar vektor versi @DaengOprek. :D. mohon maaf kalau hasilnya masih ngak memenuhi selera, dan tulisan ini bukanlah untuk menggurui, hanya mencoba share pada teman2 yg menyukai dunia gambar digital.

Mungkin yang bisa menggambar manual dengan menggunakan pensil jauh lebih baik lagi apabila memadukan manual itu dengan digital/komputer.

Gambar di atas sebelumnya seperti di bawah ini :

Untuk membuat versi vektor hitam putih(seperti gambar yang palingΒ  di atas) diperlukan hanya satu tools atau software, yaitu Corel Draw, tidak memandang harus versi berapa, semua versi bisa digunakan, yang penting ada fasilitas software tersebut yg bernama Pen Tools, kalau corel draw menu toolsnya biasanya ada di sebelah kiri.

Terus gimana cara menggunakannya?, dan o ya, kenapa ngak berwarna?, mungkin kalimat ini muncul di benak teman2?. Seperti dalam dunia fotografi hitam putih adalah kesannya spiritual, jadi meski ada yg beranggapan seperti foto jadul namun makna dari hitam putih sangat eksotis, meski hidup memang penuh warna hitam putih tetap abadi, bukankah hitam putih adalah awal dari hidup?.

Oke cukup ceramahnya dulu, sekarang cara membuat gambar vektor adalah. kalau aku tulis secara detail kayaknya agak panjang, Jadi pembahasannya begini :

Dari corel, import-lah foto yg akan divektor-kan, kemudian tempatkan foto itu tepat di tengah2 area kerja, dan jangan lupa di “lock Objek” atau kunci foto dengan mengklik kanan foto, dari drop down yg muncul pilihlah menu itu. Nah, dengan demikian foto tidak bisa tergeser lagi ke sana kemari, meski diklik, jadi leluasalah menguraikan garis per garis mengikuti alur wajah foto. Untuk hal ini memang dibutuhkan kesabaran, jadi bersabarlah one by one, bukankah orang yg sabar itu disayangi Tuhan?, :D, betul ngak?, betulin aja ya..#eah

Pada intinya, kita menjiplak dari foto, saran saya, mulailah dari kontur wajah, setelah itu beralih ke alis, mata, hidung, mulut, trus jgn lupa telinga. kalau pakai jilbab seperti di atas, itu sangat mudah, tapi kalau yg rambut tergerai lalu terurai, nah disinilah dibutuhkan kerja keras yang ekstra. Jadi tetap bersabar untuk menghasilkan gambar vektor yang ciamik.

O ya, aku lupa, ternyata selain pen tools, juga dipakai Shape Tools. untuk menyetel garis agar pas dengan kontur wajah, dan Transparency tools untuk membuat gradasi objek garis. Jadi itu saja yang dibutuhkan. disamping kesabaran dan kreatifitas agar gambar vektor terlihat enak dan nyaman.

Mungkin teman2 ada yg masih bingung?, bolehlah nanti bertemu secara offline dan melihat cara menggunakannya, mempraktekkan jauh lebih nyaman daripada hanya sekedar teori, hehe. Tadinya aku pingin membuat videonya, namun belum dapatkan software merekam pergerakan mouse di monitorku. Siapa tahu ada yg punya?, share dong. πŸ˜€

Teman2 yg ingin serius membuat gambar vektor tapi masih bingung, koment aja di bawah, insya Allah nanti dibalas. Dan satu lagi nih, agar tidak menimbulkan gosip, bahwa foto di atas bukan siapa2 ane, istri atau pacar, sumpah bukan, *walau mau sih, hehehe*, tapi di foto itu adalah istrinya orang, (jelas orang, masa bukan orang, :D), ia kebetulan melihat hasil vektor sebelumnya dan tertarik dan terus deal-deal harga gitu, maka dikerjakanlah, lumayanlah bayarannya, bisa menambah biaya kost, :D.

Advertisements
Categories: Uncategorized
  1. January 7, 2012 at 4:53 am

    Thanks tipsnya Om Oprek.. nanti saya coba utak atik corel Draw lagi.. :D. have a good day.. πŸ™‚

    • Daeng Oprek
      January 8, 2012 at 5:16 pm

      sama-sama, makasih kakak. πŸ˜€

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: